Ancaman Dibalik Mengonsumsi Pisang dan Susu Secara Bersamaan

Foto: Nakita

Wisdom News – Halo sobat wisdom! Tau kah kalian bagi orang yang menjalankan pola hidup sehat, hidangan kombinasi antara buah-buahan dengan susu menjadi pilihan menu sehat yang baik untuk dikonsumsi. Salah satu dari kombinasi tersebut adalah kombinasi antara pisang dengan susu yang biasanya dibuat menjadi banana milkshake. Ahli kesehatan mengatakan mengonsumsi harian keduanya dapat membangun otot dan menjadi sumber kalsium, potasium, dan nutrisi.

Susu sangat baik untuk tubuh karena mengandung protein, kalium, vitamin B dan fosfor yang tinggi. Selain itu susu kaya akan kalsium, yang dimana kita ketahui kalsium berfungsi menjaga tulang agar tetap sehat dan mencegah terjadinya osteoporosis. Begitupun dengan pisang, pisang sendiri juga tidak kalah banyak manfaatnya, pisang tinggi serat, karbohidrat, kalium, mangan dan vitamin B6. Selain itu, pisang berfungsi sebagai antioksidan, yang dimana dapat mencegah kerusakan sel. Pisang dapat mencegah kerusakan sel karena pisang mengandung vitamin C yang bisa larut dalam air.

Susu pisang sangat baik diminum setelah berolahraga karena dapat memenuhi energi. Hal itu terjadi karena tubuh membakar banyak kalori setelah berolahraga. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang tepat setelah berolahraga dapat membantu pertumbuhan otot, meningkatkan kebugaran tubuh dan mempercepat pemulihan otot. Berdasarkan jurnal medis dari Nutrition Reviews menyatakan asupan karbohidrat dapat membantu pembentukan glikogen yang disimpan di dalam otot yang rusak selama sedang berolahraga.

Biasanya pisang dan susu diolah menjadi milkshake. Dan rasanya enak, manis serta dapat menambah energi. Karena keduanya memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Tapi jika keduanya digabungkan dapat menghasilkan kalori yang cukup tinggi. Sehingga juga memiliki resiko terhadap kesehatan. Secara umum satu buah pisang memiliki 105 kalori dan 237 ml susu mengandung 149 kalori dari lemak. Jadi jika tidak disesuaikan porsi dan kebutuhan untuk tubuh, bukannya sehat, tapi dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan dan menaikan berat badan.

Selain itu kedua makanan tersebut memiliki efek pasca pencernaannya yang sangat berbeda. Pisang memiliki rasa asam sedangkan susu memiliki rasa manis. Maka hal ini dapat menyebabkan kebingungan pada sistem pencernaan dan menyebabkan racun, alergi, dan ketidakseimbangan. Selain itu, dapat menghasilkan ama, zat beracun yang merupakan akar penyebab ketidakseimbangan dan penyakit dalam tubuh. Dari kombinasi pisang dan susu juga dapat mengganggu flora usus, menyebabkan hidung tersumbat, pilek, batuk, ruam dan alergi. Kemudian menghasilkan air tambahan, menyumbat saluran tubuh, dan berkontribusi terhadap penyakit jantung.

Mengonsumsi pisang dan susu bersamaan menyebabkan gangguan terhadap sinus. Kombinasi pisang dan susu dapat menyebabkan sinus tersumbat, dingin, batuk dan alergi seperti ruam. Namun sayangnya masih banyak orang yang masih belum tau tentang ini, justru meyakinkan mengonsumsi keduanya secara bersamaan dapat mengatasi masalah pencernaan. Dampak makan pisang dengan susu terhadap kesehatan sudah menjadi debat selama bertahun-tahun. Meskipun ada beberapa ahli mengatakan bahwa mengonsumsi pisang dengan susu secara bersamaan tidak menimbulkan masalah, namun ada juga beberapa ahli lainnya melarangnya.

Menurut para ahli, pisang dan susu tidak baik dikonsumsi secara bersamaan karena bisa menyebabkan kerusakan serius pada kesehatan kita.

“We do not recommend this combination as it may prove to be very harmful for the body. Even if you want to consume them, you can first take milk and after 20 minutes, eat a banana.” ujar Harish Kumar yang merupakan ahli Diet dan Psikolog dari Care For Life, dikutip dari food.ndtv.

Berbanding balik dari pernyataan Harrish Kumar. Menurut Shilpa Arora seorang Nutrisi dan Pelatih Kesehatan Makrobiotik, Pisang dengan susu adalah pilihan yang bagus.

“Banana with milk is a great option for body builders and people who wish to gain weight and need energy for high intensity work” ujar Shilpa Arora yang merupakan ahli Nutrisi dan Pelatih Kesehatan Makrobiotik, dikutip dari food.ndtv.

Jadi begitu sobat wisdom! Walaupun rasanya enak dan manis. Pisang dan susu tidak baik dikonsumsi secara bersamaan. Karena dapat menghasilkan ama dan zat beracun yang merupakan akar penyebab ketidakseimbangan dan penyakit dalam tubuh. Jadi setidaknya harus menunggu 20 menit untuk mengkonsumsi pisang setelah minum susu atau sebaliknya.

POSTINGAN LAINNYA

Leave a Comment