Gagal Diet Dengan 1 Buah Donat ?

Foto: Cici Ananda

Wisdom News – Halo sobat wisdom! Para sobat wisdom yang lagi diet pasti akan menjaga makanan yang akan sobat wisdom makan setiap hari. Biasanya sobat wisdom akan melakukan diet untuk kesehatan maupun untuk mempercantik diri. Untuk menjaga diet agar tetep berjalan lancar kita biasanya akan mempertimbangkan apa yang kita makan termasuk kandungan zat pada setiap makan, terlebih lagi kandungan kalori. Tetapi bagaimana jadinya jika tergiur untuk memakan sesuatu yang kandungan kalorinya cukup tinggi, contohnya kue donat. Apakah diet kita akan gagal? Seberapa besar sih kandungan kalori pada kue donat?.

Kue yang masih menjadi perdebatan asal-usulnya ini, ada teori yang mengatakan bahwa kue donat di bawa ke Amerika Utara oleh imigran dari Belanda. Cerita lain, bentuk donat yang seperti cincin diciptakan oleh kapten kapal dari Denmark bernama Hanson Gregory. Terciptanya kue donat dengan bentuk bolong ditengahnya karena ketidak sengajaan kapten Hanson saat berlayar. Kapten Harson yang sedang memegang gorengan dan saat itu sedang terjadi hujan badai yang mengharuskan Kapten Harson memegang setir dengan kedua tangannya, maka gorengan itu dicantapkan pada sebilah besi di sebelah kemudi kapal, terjadilah bentuk kue donat yang seperti sekarang.

Bahan dasar pembuatan donat adalah tepung terigu. Kandungan gizi tepung terigu antara lain protein 7.5%-15%, kadar abu 0.30%-1%, lemak 1%-1.5%, dan karbohidrat dalam bentuk pati 68%-76% (Samuel dalam Syarbini, 2013:23). Bahan utama pembuatan donat dari tepung terigu tetapi tidak hanya itu saja bahan lain yang digunakan saat membuat donat antara lain gula pasir, kuning telur, ragi roti, dan mentega. Untuk membuat kue donat yang tampak menggugah selera bisanya adonan dengan bahan-bahan ditas tadi akan di diamkan beberapa saat hingga mengembang, lalu adonan akan di pisah-pisah, dibentuk lalu digoreng dalam minyak yang panas bersuhu 182 derajat celcius hingga 190 derajat celcius. Setelah matang kue donat siap untuk disajikan, tetapi akan lebih menarik lagi jika diatasnya di beri hiasan. Biasanya topping yang diberi beragam, mulai dari tepung gula, bubuk kayu manis, meses, coklat, selai dan lain-lain. Seiring waktu kue donat juga mengalami perubahan mulai dari bahan-bahan yang ditambahkan hingga bentuk kue donat yang berbagai bentuk.

Dalam 100 gram kue donat mengandung energi sebesar 357 kalori, protein 9,4 gram, karbohidrat 56,5 gram, lemak 10,4 gram, kalsium, fosfor, dan zat besi.  Selain itu di dalam Kue Donat juga terkandung vitamin A sebanyak IU, vitamin B1 dan vitamin C. Karena jumlah kalorinya yang cukup besar dalam kue donat, jajanan ini sangat tidak cocok untuk seseorang yang sedang menjalankan program diet baik itu untuk kesehatan maupun hanya untuk memngurangi berat badan menurut pusat pengendalian penyakit AS (CDC). Tidak hanya kalorinya yang tinggi , tetapi juga lemak dan kandungan gula yang melimpah membuah kue donat tidak cocok dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalankan diet. Belum lagi jika sebuah kue donat di tambahkan berbagai topping diatasnya kalorinya juga akan semakin tinggi. Dalam ukuran orang dewasa kebutuhan harian kalori yang dibutuhkan adalah sekitar 2000 kalori dan itu hampir 50% kebutuhan kalori sudah terpenuhi belum lagi dengan tambahan kalori dari makanan lain (theAsiaparent). Bahaya jika mengkonsumsi makanan yang yang mengandung gula berlebihan adalah kanker, diabetes, obesitas, dan penyakit bahaya lainnya. Maka dari itu untuk para sobat wisdom yang lagi dalam proses diet lebih baik hindari dulu makan kue donat ya. Jika mau mengkonsumsi donat ada juga loh alternative membuat kue donat yang sehat yaitu dengan memasaknya dengan cara dipanggang bukan di goreng, mengganti tepung terigu dengan tepung gandum, mengganti toping donat dengan buah-buahan, membuat adonan dengan campuran sayur seperti bayam atau wortel. Jadi buat para sobat wisdom yang lagi program diet masih aman nih mengkonsumsi donat dengan alternative diatas.

 

(Diperbarui 19 Juni 2022)

POSTINGAN LAINNYA

Leave a Comment