Sirip Hiu Yang Kaya Akan Manfaat Tetapi Juga Dapat Mengancam Populasi Hiu

Foto: Neraca

Wisdom News – Halo sobat wisdom! Tau kah kalian ternyata sirip hiu menjadi industri kuliner yang menghasilkan miliaran rupiah, loh! Karena sirip hiu merupakan hidangan mewah dan berkelas yang dimana menjadi menu utama dalam acara penting. Biasanya sirip hiu diolah menjadi sup. Selain itu, sirip hiu juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun dibalik harganya yang mahal, ternyata populasi hiu pun terancam punah

Dengan sirip hiu menjadi industri kuliner yang menghasilkan miliaran rupiah. Kini keberadaan hiu menjadi sedikit karena banyaknya perburuan yang dilakukan para nelayan untuk diambil sirip dan juga daging nya untuk dijadikan hidangan mewah dan dipercaya memiliki manfaat luar biasa. Padahal hiu hanya berproduksi 30 sampai 50 ekor dalam sekali beranak. Selain itu, di dalam laut juga terdapat beberapa hewan-hewan predator lainnya, yang dimana sering memangsa sesama jenisnya. Hal itu pun juga menjadi penyebab jumlah populasi hiu terus berkurang dan dapat menyebabkan kepunahan.

Rasa sirip hiu pada sup sebenarnya hambar dan kenyal, yang membuat sup sirip hiu enak karena kaldunya. Untuk dagingnya memiliki rasa yang hampir sama dengan jenis ikan lainnya. Yang berbeda hanyalah kandungan gizi yang terdapat pada daging hiu. Dan yang tidak kalah penting adalah harga dari sirip hiu tersebut yang bernilai fantastis. Harga sirip hiu yang sudah diolah menjadi sup dibandrol dengan harga Rp10 juta. Oleh karena itu, tidak heran sirip hiu tergolong makanan termahal di dunia.

Berikut beberapa manfaat kesehatan mengonsumsi sirip hiu yang dikutip dari pertanianku.com

  1. Baik untuk jantung

Sirip hiu baik untuk jantung karena terdapat kandungan protein dan zat lainnya yang dimana dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Penyakit jantung disebabkan karena adanya penumpukan plak pada sel darah yang dapat menghambat sirkulasi darah ke jantung. Hal ini pula dapat memicu terjadinya stroke.

  1. Mengatur kadar kolestrol

Sirip hiu tidak memiliki kandungan lemak tak jenuh. Sehingga sirip hiu dapat mengatur kadar kolestrol Seperti yang kita ketahui lemak tak jenuh menjadi pemicu terjadinya penyakit kolestrol.

  1. Menjaga kesehatan paru-paru

Sering kali saat keluar kita menghirup udara kotor, yang dimana udara kotor tersebut berasal dari asap knalpot dan asap rokok. Kandungan gizi yang terdapat pada sirip hiu dapat menjaga kesehatan paru-paru. Sehingga sirip hiu baik untuk paru-paru.

  1. Menyegarkan tubuh

Kandungan gizi dan vitamin yang terdapat pada sirip hiu dapat menunjang tubuh kita. Maka dari itu, setelah mengonsumsi sirip hiu, tubuh kita menjadi segar dan pikiran pun juga menjadi tenang.

  1. Membuat awet muda

Sirip hiu mengandung vitamin E. Seperti yang kita ketahui, vitamin E dibutuhkan tubuh untuk kesehatan kulit, sebagai pencegah keriput pada kulit dan anti penuaan dini.

Meskipun sirip hiu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tetapi jika  mengonsumsinya terus menerus yang dimana dapat mengurangi populasi hiu bisa menyebabkan kerusakan ekologi, berpengaruh terhadap kerugian ekonomi dan penurunan ketahanan pangan. Penangkapan dan pembunuhan hiu besar-besaran terjadi karena peningkatan permintaan, yang dimana hal tersebut dapat mengancam populasi hiu.

Lebih dari 100 juta hiu diburu dan dibunuh tiap tahunnya untuk diambil sirip nya. Sehingga dampak dari perburuan tersebut mengakibatkan populasi hiu menurun sebesar 80 persen dalam 50 tahun terakhir ini. Peningkatan permintaan sirip hiu tersebut datang dari Negara China dan Jepang, yang dimana dari kedua negara tersebut merupakan konsumen sirip hiu tertinggi di dunia.

Menurut Aji Bromokusumo yang merupakan Pakar kuliner dan budaya dari Asosiasi Peranakan Tionghoa Indonesia, mengatakan sirip hiu memiliki banyak manfaat karena mengandung kolagen.

“Sirip ikan hiu dianggap kaya kolagen padahal di ceker ayam juga ada kolagen, di cingur juga ada. Jadi, saya kira hanya mitos,” ujar Aji Bromokusomo yang dilansir dari suara.com.

William Wongso yang merupakan Pakar Kuliner juga berbagi pengalamannya dan memberi tau alasan kenapa harga sirip hiu sangat mahal.

“Kualitas paling atas itu sirip hiu utuh disajikan di meja. Jadi, memang ketika menyajikan menu ini kita bisa menilai posisi seseorang,” ujar William Wongso yang dilansir dari suara.com.

Jadi sobat wisdom! Sirip hiu memiliki banyak manfaat dikarenakan pada sirip hiu terkandung kolagen. Namun, dengan terus mengonsumsi sirip hiu dapat menyebabkan kepunahan pada hiu.

Pekerja menjemur sirip hiu di desa Pabean udik, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (20/11/2018). Data Kementerian Kelautan dan Perikanan menyebutkan Indonesia mengekspor 1.350 ton sirip ikan hiu kering per bulan ke sejumlah negara pada tahun 2017. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/foc.

POSTINGAN LAINNYA

Leave a Comment