Kandungan makanan yang harus di hindari Acne Fighters

Foto: Ashan

Makanan mempengaruhi timbulnya jerawat

Wisdom News – Halo sobat! Jerawat (acne) ditandai dengan munculnya benjolan kecil sampai besar. Salah satu penyebab jerawat adalah makanan. Makanan ini bisa menyebabkan jerawat terus menerus muncul.

Munculnya jerawat pada kulit bisa disebabkan berbagai macam faktor, mulai dari terjadinya penyumbatan pori-pori, adanya bakteri, produksi sebum dan keratin berlebih, peradangan kulit, hormon, hingga makanan yang dikonsumsi setiap hari. Jerawat juga bisa terjadi pada siapa saja, baik laki-laki, maupun perempuan. Untuk mencegahnya, salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah menghindari makanan yang menyebabkan jerawat. Dalam artikel Asehan disebutkan bahwa erawat bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari stres, fluktuasi hormon, bakteri, pori-pori tersumbat dan produksi minyak berlebih di wajah. Rupanya, makanan juga merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan jerawat.Hubungan antara makanan dan jerawat memang banyak dipertanyakan. Tetapi beberapa tahun terakhir, sejumlah penelitian menemukan bahwa makanan memiliki peran yang cukup signifikan dalam memicu munculnya jerawat di wajah dan tubuh. Penyebab jerawat semakin banyak yaitu sering memegang jerawat. Terkadang memegang jerawat dilakukan secara sengaja atau pun tidak sengaja. Walaupun sederhana tetapi kebiasaan ini bisa menyebabkan jerawat menjadi besar dan parah. Menyentuh wajah dengan tangan memindahkan semua bakteri dari tangan ke wajah.

Makanan yang harus dihindari berdasarkan kandungannya bagi acne fighter

Makanan Berlemak

Produk makanan cepat saji menjadi hal pertama yang masuk ke dalam makanan yang menyebabkan jerawat dan perlu dihindari. Pasalnya, makanan cepat saji seperti ayam goreng, kentang goreng, hingga sosis dan burger memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi serta kandungan yang belum terjamin kualitas serta kesehatannya. Hal ini juga dibuktikan oleh riset dari Journal of the European Academy of Dermatology yang mengatakan bahwa orang yang rutin mengonsumsi makanan cepat saji memiliki 24% risiko lebih besar terkena jerawat dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Makanan Olahan Susu

Makanan yang menyebabkan jerawat selanjutnya adalah susu serta produk olahan lainnya yang terbuat dari susu. Meskipun memiliki tinggi vitamin dan berperan sebagai sumber kalsium bagi tubuh, susu dan olahan lainnya seperti keju, yogurt, hingga es krim dinilai mampu meningkatkan hormon insulin dan IGF-1 yang dapat menyebabkan munculnya jerawat pada kulit. Jadi, mulai sekarang, perhatikan asupan produk susu dan olahan lainnya yang dikonsumsi agar tidak berlebihan dan menjadi pemicu pada jerawat ya.

Asam Lemak dan Omega-3

Makanan yang menyebabkan jerawat yang perlu dihindari selanjutnya adalah makanan dengan kandungan asam lemak dan omega-6 yang tinggi. Karena, tidak seimbangnya asam lemak omega-6 dengan omega-3 dapat memicu peradangan pada tubuh sehingga memunculkan jerawat di kulit. Adapun beberapa makanan tinggi lemak dan omega-6 yang perlu diperhatikan antara lain minyak jagung, minyak kedelai, mayonais, mentega, dan lainnya.

Alergi Makanan

Terkadang, beberapa makanan memiliki reaksi sensitif seperti munculnya jerawat pada orang-orang tertentu. Biasanya, reaksi sensitif ini muncul akibat sistem kekebalan tubuh kita yang tidak mengenali makanan dan menganggapnya sebagai ‘ancaman’ bagi tubuh. Tubuh kemudian akan memicu reaksi peradangan yang akhirnya dapat memunculkan jerawat. Meskipun tidak ada daftar tertentu makanan apa saja yang sensitif di kulit, namun ada baiknya menghindari makanan yang terlalu asam, pedas, dan makanan dengan tambahan pewarna karena biasanya termasuk ke dalam makanan yang menyebabkan jerawat muncul di kulit wajah atau tubuh.

Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula dan karbohidrat olahan termasuk ke dalam makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi yang dapat menyebabkan jerawat. Hal ini dikarenakan makanan tinggi gula dan karbohidrat olahan seperti nasi putih, pasta, mie instan atau minuman bersoda dinilai dapat memicu peradangan pada tubuh dan memproduksi minyak berlebih yang akhirnya memicu tumbuhnya jerawat pada kulit wajah dan tubuh. Jadi, pastikan juga mengonsumsi makanan yang menyebabkan jerawat ini secara secukupnya dan tidak berlebihan.

Acne fighter bisa mengganti beberapa makanan di atas dengan makanan tinggi serat seperti sayur mayur dan kacang-kacangan, serta makanan tinggi asam lemak omega-3 seperti salmon supaya terhindar dari jerawat.

POSTINGAN LAINNYA

Leave a Comment