Infografis: Memutihkan Gigi dengan Stroberi

 

Foto: robertobarresi

Wisdom News – Halo sobat! Tentu kalian sudah tidak asing lagi kan dengan buah yang satu ini kan?. Buah yang di budidaya sejak 200 tahun lalu ini mempunyai banyak manfaat loh. Yup buah stroberi.

Meskipun buah stroberi ini bukan berasal dari Indonesia, tetapi banyak orang membudidaya stroberi loh. Stroberi berasal dari Negara Chili, Amerika. Stroberi mempunyai kurang lebih 20 spesies dan spesies yang cocok untuk ditanam dan dijual yaitu spesies hasil persilangan dari Fragaria Vs ananassa. Dalam bahasa belanda stroberi sering disebut aardbei. Streawberige merupakan sebutan buah stroberi dalam bahasa Inggris kuno. Umumnya buah stroberi tumbuh subur pada suhu 17 hingga 20°C, pada dataran tinggi tropis dengan kelembapan udara 80 hingga 90%, dan berada pada  ketinggian 1.000 hingga 1.500 dpl.

Buah stroberi kaya akan antosianin dan elagitanin. Warna merah pada buah stroberi diakibatkan karena adanya Antosianin. Menurut Shamaila dkk. (1992), stroberi dapat dikonsumsi secara langsung atau produk olahan seperti selai, sirup, sari buah, dan es krim. Banyak olahan makanan yang dibuat dari buah stroberi karena mempunyai nilai gizi yang tinggi.  Kandungan gizi pada stroberi yaitu berupa kalori 37,00 kal, protein 0,80 g, lemak 0.50 g, karbohidrat 8,30 g, kalsium 28,00 mg, fosfor 27,00 g, zat besi 0,80 mg, vitamin A 60,00 SI, vitamin B1 0,03 mg, vitamin C 60,00 mg, serta air 89,90 g. Buah stroberi memiliki kandungan antioksidan di dalamnya. Menurut Indigomorie (2002), antioksidan dapat didefinisikan sebagai suatu zat yang dapat menghambat atau memperlambat proses oksidasi.

Masyarakat mengolah buah stroberi menjadi berbagai macam. Mulai dari es krim, selai stroberi, macaron stroberi, hingga smoothies stroberi. Stroberi juga memiliki banyak khasiat. Salah satu khasiatnya yaitu membantu pertumbuhan anak. Khasiat lain yang dimiliki buah stroberi yaitu dapat menghaluskan kulit, meningkatkan kekuatan otak, dan menjaga mata kita supaya indra penglihatan tetap jernih.  Daun stroberi juga bermanfaat untuk menghentikan penyakit diare. Karena buah stroberi memiliki zat astringent. Manfaat stroberi untuk kesehatan di antaranya yaitu:

  • Memutihkan Gigi

Dalam National Center for Biotechnology campuran stroberi dan soda kue hingga halus dan menggosokkannya kurang lebih 5 menit bisa memutihkan gigi.

  • Dapat Mengurangi Rasa Mual

Dalam UC Davis Health System, California, kandungan vitamin C yang tinggi yang ada dalam buah stroberi mampu mengurangi rasa mual.

  • Mencegah Berbagai Penyakit

Buah stroberi mampu mencegah berbagai penyakit. Salah satunya yaitu kanker. Studi National Center for Biotechnology Information menemukan bahwa senyawa asam yang ada pada buah stroberi bisa menghentikan pertumbuhan sel kanker.

  • Menjaga Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang ada dalam buah stroberi mampu menjaga kekebalan tubuh. Vitamin C juga dapat menciptakan antioksidan baik yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas serta berbagai macam penyakit kronis.

  • Menyehatkan Mata

Vitamin A, dan vitamin C dapat melindungi dari sinar matahari. Selain itu, vitamin C juga dapat memperkuat kornea dan retina mata.

  • Mencegah Peradangan

Kandungan antioksidan dan fitokimia dalam buah stroberi bisa mencegah peradangan.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalium pada buah stroberi mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Menjaga Berat Badan

Selain rendah kalori, mempunyai gizi tinggi, serta mengandung nutrisi seperti serat, satu porsi buah stroberi memiliki 28 kalori yang bebas lemak, juga rendah natrium dan gula. Serat yang ada pada enzim anti-inflamasi juga mencegah bertambahnya berat badan.

  • Mencegah Kerutan di Wajah

Seiring bertambahnya usia, tubuh kita akan kehilangan kolagen. Makanan yang kaya akan vitamin C, salah satunya stroberi bisa menghasilkan kulit yang sehat dan terlihat lebih muda.

  • Sumber Serat

Satu porsi stroberi memiliki berat 100 gram, dan 2 gramnya terdapat serat larut maupun tak larut.

Meskipun stroberi memiliki banyak manfaat, saat kita mengonsumsi stroberi secara berlebih tentu akan menyebabkan beberapa efek sampingnya, yaitu:

  • Timbulnya alergi, gatal-gatal pada kulit, hingga dapat menyebabkan bengkak dan munculnya bercak di kulit.
  • Pada buah stroberi terdapat kalium, di mana jika terlalu banyak kalium yang masuk ke tubuh akan menyebabkan masalah ginjal.

Jadi bagaimana sobat wisdom? Tertarik kan untuk mencoba buah yang satu ini? Dengan catatan tetap pada porsi yang cukup ya untuk mengonsumsi buah stroberi. (maps)

(Diperbarui tanggal 20 Juni 2022)

POSTINGAN LAINNYA

Leave a Comment